Cari Blog Ini

Posting blogger lewat email

username.secretword@blogger.com

Jumat, 11 Februari 2011

Twitter


Tata Cara Main Twitter / Menggunakan Twitter
Bagaimanakah cara main twitter? atau kamu bingung bagaimana cara menggunakan twitter? Buat pemula or newbie.

Diatas adalah gambar bagaimana cara menggunakan twitter atau cara main twitter.

1. Tempat untuk menulis Tweets (update status twitter).

2. Merupakan navigasi Twitter yang berguna sebagai tools untuk masuk ke halaman Home, Profil,Find People (cari teman), Setting (edit profil dsb), Help (bantuan), Sign Out (Keluar dari Twitter).

3. Merupakan waktu dalam penulisan Tweets terakhir.

4. Tombol Updates berfungsi untuk memperbarui Tweets anda, ketikkan apa saja dalam kolom no.1 (seperti gambar diatas) lalu klik tombol Updates, setelah itu Tweets anda akan diperbarui.

5. Update Tweets dari Followers anda berdasarkan waktu.Semakin teratas posisi Tweets, berarti dialah yang peling terbaru dalam mengupdate Tweets-nya.

6. Nama ID Twitter yang anda gunakan. ID Tweets ini berguna sebagai identitas anda dalam dunia Twitter.

7. Merupakan keterangan dari jumlah following,followers, dan updates. Following merupakan pengguna Twitter yang telah anda Follow(minta menjadi teman) baik yang sudah merespons atau belum. Sedangkan Followers adalah pengguna Twitter yang meminta anda menjadi temannya dan sudah anda jadikan teman.

8. @Markona : Jika anda ingin mengirimkan sebuah Tweets untuk saya.
Direct Massage : sebagai tempat untuk mengetahui adanya pesan masuk di inbox kita.
Favorites : Tempat untuk melihat Tweets yang sudah anda tandai sebagai Tweets favorit.

9. Kotak Search berguna untuk mencari topik-topik Tweets yang anda inginkan.

10. Trending Topics Merupakan topik Tweets yang sedang Popular saat ini.Jadi topik akan selalu berubah-ubah.

MemFollow orang orang yang tepat

Simpel Kan?

Selanjutnya, bagaimana cara memfollow orang orang yang tepat? Tentu saja Anda harus mencari tahu twitter username orang orang yang ingin Anda ikuti. DheZign bisa Anda ikuti di @dhezign (besar kecil huruf nggak pengaruh). Yang lainnya, Anda bisa mencari tahu username mereka dari blog mereka, profile page facebook, website, signature milis, atau kartu nama.

Dan satu lagi, jika Anda sudah memfollow paling tidak satu orang yang sesuai dengan bidang anda, anda bisa melihat daftar orang orang yang difollow oleh orang yang anda follow tadi. Dan anda juga akan dapat memfollow mereka Juga. Simpel Kan?

Cara memberi komentar di Twitter
1. Fungsi @reply
Fungsi @reply ini bisa anda temukan pada profile Twitter seseorang, namun ada cara mudah mempergunakan fungsi @reply yakni dengan menulis langsung di box update anda sendiri. Cara mempergunakan fungsi @reply adalah tulis: @username(spasi)komentar anda dimana username diisi dengan username orang yang ingin anda berikan komentarnya. Sebagai catatan apa yang anda tulis dengan fungsi @reply akan selalu ada di public timeline, itu artinya orang lainpun bisa membaca apa komentar anda tersebut. Komentar yang diberikan dengan Fungsi @reply akan bisa dilihat pada menu @username orang yang bersangkutan.

2. Direct Message
Bila anda ingin komentar anda pada seseorang di Twitter tidak dibaca oleh orang lain, anda bisa mempergunakan fungsi Direct Message. Fungsi Direct Message ini bisa anda temukan di menu “Actions” di kolom sebelah kanan profile seseorang. Anda tinggal klik Message (username orang) lalu anda bisa menuliskan komentar anda dalam 140 karakter. Kalau anda ingin lebih cepat memberikan Direct Message tanpa harus melihat profile seseorang, anda bisa mempergunakan box update anda untuk memberikan Direct Message pada seseorang, caranya cukup anda tulis : D(spasi)Username(spasi)Komentar
Contoh Direct Message: D Britney Hello apa kabar? Kapan konser lagi?

Twitter juga memakai beberapa simbol dalam pemakaiannya. Berikut ini beberapa simbol tersebut beserta contoh pemakaiannya.
@ adalah simbol yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut. Kamu bisa berinisiatif menggunakan simbol ini untuk seseorang atau lebih sehingga tweet akan mereka terima. Simbol ini juga secara otomatis akan terpakai jika kamu me-reply tweet seseorang.
Contoh pemakaian:
@khalid have a nice trip to Singapore!
# (disebut hash tag) adalah simbol yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh orang lain.
Contoh pemakaian:
Presiden SBY: kibarkan bendera setengah tiang selama 7 hari mulai Kamis besok utk mengenang #GusDur
RT adalah simbol untuk ReTweet. Dengan menggunakan simbol RT berarti kita menulis ulang tweet orang lain dalam profil kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.
Untuk melakukan retweet, caranya sangat sederhana. Dibawah setiap tweet seseorang, pasti ada tombol ReTweet. Nah, klik saja tombol tersebut, maka tweet secara otomatis akan muncul di profil kamu, dengan format RT @pemilik_tweet [isi tweet]. Contoh: RT @khalid Enak juga gabung Twitter.
Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan RT ketika memberikan komentar terhadap tweet seseorang. Dalam hal ini, kamu memakai RT untuk mengingatkan bahwa komentarmu itu terkait dengan tweet yang kamu RT (soalnya di Twitter tidak ada komentar yang tersusun secara threaded kayak di Facebook). Contoh: Coba kau petik satu, mungkin salah satu diantaranya adalah aku hehe.. RT @khalid Hari ini aku melihat banyak bintang.
OH (singkatan dari OverHeard) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet milik orang lain pada status kita tetapi kita tidak ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya. Jadi, OH sama dengan RT, cuma nggak dicantumkan penulis tweet-nya. OH ditulis di depan tweet yang ingin kita masukkan.
Contoh pemakaian: OH Enak juga gabung Twitter
HT (singkatan dari HeardThrough) adalah simbol yang kita pakai untuk menuliskan tweet berdasarkan sesuatu yang kita dengar dalam kehidupan nyata. HT ditulis di depan tweet yang ingin kita dimasukkan.
Untuk contoh-contoh yang lebih banyak, kamu lihat saja halaman Twitter salah seorang pengguna Twitter. Gampang kan? Dan kalau kamu ingin lebih fasih dalam memakainya ya tinggal kamu praktekkan saja di akun Twitter kamu. Sederhana kan?



1. Followers : followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan yang dilakukan.

2. Followings : followings adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow.

3. Re Tweet : ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.

4. Trending Topics = trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trendingtopics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita.

5. Over Head : over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut.

6. Direct Message : direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) kepada kita.

7. Tanda @ = tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda.

8. Hash Tags : hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, maka untuk mempermudah pencarian tentang topik tersebut kita menulis #karodalnet sebagai keyword.

Karena tweet dibatasi maksimal 140 karakter saja, maka kita harus pandai-pandai menuliskan pesan agar bisa singkat tapi jelas dan enak
Untuk mengekspresikan perasaan, gunakan simbol smily alias emoticon. Misalnya : ) untuk gembira, : ( untuk sedih, : D untuk tertawa,
Jika Anda ingin membagi atau share sebuah URL web atau URL photo, video dan lain sebaginya dalam tweet, gunakan tool untuk mempersingkat URL tersebut. Semisal http://bit.ly atau http://tinyurl.com.
Follower adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan status yang kita lakukan. Kebalikannya adalah following, yaitu orang yang kita ikuti, dan kita akan menerima setiap pembaruan status yang dia lakukan.
Beberapa istilah lainnya adalah sebagai berikut:
Reply: balasan. Untuk melakukan balasan, cukup klik ‘Reply’ yang terletak persis dibawah kotak pengisian tweet.
ReTweet: men-tweet ulang status orang lain, dengan tujuan mungkin untuk mengomentari statusnya tersebut, atau sekadar mempublikasikan ulang statusnya tersebut karena mungkin menginspirasi kita, atau mungkin karena alasan lain.
Direct message: sering pula disebut DM, adalah pesan personal, seperti message di Facebook. Pesan ini tidak terpublikasikan di timeline (wall kalau di Facebook), jadi hanya kita saja yang bisa membacanya.
Trending topic: topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan orang.
Favorites: dipakai untuk menyimpan tweet tertentu yang diinginkan (karena kita sukai tentu saja).

Tidak ada komentar: