Cari Blog Ini

Posting blogger lewat email

username.secretword@blogger.com

Minggu, 02 Maret 2014

Cara Menulis Metode Penelitian yang Tepat

Cara Menulis Metode Penelitian yang Tepat

Cara menulis metode penelitian harus dikuasai oleh para mahasiswa yang hendak menulis karya tulis ilmiah. Sebab metode penelitian merupakan salah satu bab yang terdapat di dalam sebuah karya tulis ilmiah.
Nah, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan metode penelitian? Metode penelitian adalah cara-cara yang dipakai untuk melaksanakan penelitian termasuk menentukan judul penelitian, merumuskan permasalahan dalam penelitian, menentukan tujuan penelitian, merumuskan hipotesis dan lain sebagainya.
Karena itu pemilihan metode penelitian yang tepat memegang peranan yang penting untuk menemukan jawaban atau hasil penelitian yang tepat.
Sayangnya, para mahasiwa kerapkali melakukan kesalahan dalam memilih metode penelitian ini. Suatu topik yang seharusnya menggunakan metode penelitian kualitatif, justru menggunakan metode kuantitatif.
Akibatnya, penelitian tidak membuahkan hasil yang maksimal atau bahkan tak menghasilkan apapun. Untuk itu sebelum menulis metode penelitian, tentukan terlebih dahulu metode penelitian yang hendak digunakan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih metode penelitian yang tepat.
1. Metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif
Metode ini lebih cocok digunakan untuk topik yang diperoleh dari kepustakaan dan dari hasil penelitian yang selanjutnya dipakai sebagai landasaan penelitian.
Pada metode penelitian ini, variabel penelitian disusun sebelum penelitian dijalankan. Metode ini lebih sesuai dipakai pada topik yang menunjukkan hubungan atau perbandingan antara dua hal.
Metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif terdiri dari metode penelitian deskriptif, metode penelitian komparatif, metode penelitian korelasional, metode penelitian survey, metode penelitian ekpos fakto dan metode penelitian tindakan.
2. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif
Metode ini lebih sesuai digunakan untuk topik yang memiliki sedikit informasi sehingga peneliti harus mengumpulkan informasi terlebih dahulu.
Karena keterbatasan informasi ini pula, maka variabel-variabel penelitian tidak banyak diketahui. Metode kualitatif juga cocok dipakai pada topik yang variabel-variabel penelitiannya tidak mempunyai hubungan atau keterkaitan. Dengan kata lain, metode ini cocok digunakan untuk membandingkan beberapa kategori.
Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif ini terdiri dari enam macam metode yakni metode etnografis, metode historis, metode fenomenologis, metode studi kasus, metode teori dasar dan metode studi kritis.
Selain memperhatikan topik yang diangkat dalam penelitian, pemilihan metode penelitian juga perlu mempertimbangkan penguasaan peneliti sendiri.
Metode penelitian yang sudah dikuasai peneliti tentu akan membuahkan hasil yang maksimal. Karena itu sebelum melakukan penelitian dengan metode yang dipilih, ada baiknya peneliti melatih dirinya dengan melakukan penelitian kecil dengan menggunakan metode terpilih. Dengan cara ini saat melakukan penelitian utama, peneliti sudah benar-benar menguasai metode tersebut.
Menulis Metode Penelitian
Bila metode penelitian yang hendak digunakan sudah ditentukan dan penelitian sudah dilakukan, selanjutnya barulah peneliti masuk ke tahap penulisan metode penelitian. Cara menulis metode penelitian ini bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1. Pertama-tama jelaskan mengenai metode penelitian yang dipilih untuk penelitian dan juga latar belakang pemilihan metode penelitian tersebut.
2. Lalu deskripsikan tentang alasan pemilihan lokasi penelitian yang meliputi pertimbangan-pertimbangan objektifnya.
3. Kemudian buatlah rincian macam-macam sumber data yang digunakan dalam penelitian dan jenis sumber data tersebut. Rincian sumber data ini meliputi sumber data primer dan juga sumber data sekunder.
Data primer merupakan data yang didapat melalui wawancara, pengamatan dan juga diskusi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui literatur, informasi di internet, klipping dan dokumen-dokumen lainnya.
4. Uraikan pula mengenai tehnik mendapatkan data, baik tehnik untuk mendapatkan data primer maupun tehnik untuk memperoleh data sekunder.
5. Gambarkan populasi penelitian secara terperinci meliputi kelompok orang, benda, permasalahan, tempat, sifat, ciri-ciri dan waktunya.
6. Jabarkan mengenai tehnik analisa data yang dipakai dalam penelitian ini yang meliputi prosedur pengolahan data, cara pengolahan data, tehnik pengolahan data dan analisanya.
7. Terakhir, uraikan mengenai cara kerja operasional variabel, kriteria atau batasan masing-masing operasional variabel yang terdapat dalam penelitian.
Selanjutnya untuk melengkapi uraian mengenai metode penelitian ini, penulis atau peneliti perlu juga membuat jadwal pelaksanaan penelitian. Jadwal penelitian ini biasanya disertakan sebagai lampiran.
Dalam penyusunan jadwal penelitian ini, penulis atau peneliti menguraikan proses penelitian dimulai dari tahap persiapan, tahap menjalankan studi pustaka, penyusunan peralatan penelitian, pelaksanaan penelitian, analisa data hingga di tahap penulisannya.
Sampai di sini, bab mengenai metode penelitian sudah selesai dibuat. Penulis kemudian bisa memeriksa kembali penulisan bab metode penelitian ini dari awal untuk menghindari adanya kesalahan penulisan, penyusunan dan penjabaran metode penelitian.
Sebagai tambahan referensi berkaitan dengan cara menulis metode penelitian ini, penulis atau peneliti bisa berkunjung ke situs Penulispro.com.
Situs ini berisi artikel-artikel lengkap seputar panduan penulisan baik penulisan nonfiksi maupun penulisan fiksi. Selain mengunjungi situs Penulispro.com, gunakan pula referensi beberapa buku berkaitan dengan metode penelitian seperti buku berjudul “Metode Penelitian” yang ditulis oleh Moh. Nazir dan buku berjudul “Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik” yang ditulis oleh Imam Gunawan.

Tidak ada komentar: