Cari Blog Ini

Posting blogger lewat email

username.secretword@blogger.com

Senin, 01 Juni 2009

Netbook




Netbook adalah komputer jenis notebook yang lebih murah dibandingkan dengan notebook biasa. Menurut Wikipedia, netbook adalah notebook berukuran kecil sampai dengan medium, ringan, hemat energi, berharga relatif murah, dan ditonjolkan untuk kemudahan mengakses Internet seperti browsing dan e-mailing.

Pada umumnya, netbook menggunakan prosesor dengan daya rendah seperti prosesor Intel Atom. Asus menjadi produsen pertama yang meraih sukses di pasar netbook, tercatat memiliki penjualan tertinggi pada awal 2008 melalui Amazon.com. Produk yang dikeluarkannya berbasiskan sistem operasi Xandros Linux OS, Asus Eee PC 4G, berlayar 7 inch dengan harga $200 pada saat itu. Di Indonesia saat ini, Asus Eee PC berada pada kisaran harga $500, tentunya dengan spek yang lebih baik (Lihat Bhinneka.com).

Sejak boomingnya Asus Eee PC pada awal 2008 tersebut, beberapa produsen termuka juga turut ambil bagian dalam pengembangan netbook baik yang berbasis sistem operasi Windows maupun Linux. Jadi perkembangan netbook memiliki dua arah yaitu netbook berbasis Windows dan netbook berbasis Linux.

Renteten diluncurkannya produk-produk netbook oleh berbagai produsen mulai dari Palm Foleo pada Agustus 2007, sampai diluncurkannya Asus Eee PC pada November 2007, sampai dengan OLPC XO-2 pada September 2008, dapat dilihat di LinuxDevices. Perbandingan spek berbagai netbook dapat dilihat di Wikipedia.

Target pengguna netbook adalah orang yang suka duduk berjam-jam di food court atau cafe bahkan restoran yang menyediakan hotspot gratis. Fasilitas wifi dipastikan terdapat pada semua jenis netbook. Dapat dipastikan pengguna netbook yang berjam-jam di cafe atau restoran atau tempat lainnya yang terdapat wifi spot adalah chatting, menulis atau hanya sekedar browsing internet saja, karena aplikasi berat sudah dipastikan sangat memakan sumber daya dan tenanga dari netbook tersebut. Aplikasi-aplikasi ringan yang lazim terdapat pada netbook adalah Chat Messenger seperti Yahoo messenger, MSN Messenger, Gtalk, Skype, browser Mozilla, tak lupa webcam juga tertanam pada jenis-jenis tertentu untuk digunakan live cam menggunakan aplikasi Messenger yang support view cam.

Jadi apabila anda membutuhkan untuk menjalankan aplikasi semacam photoshop, AutoCAD dan aplikasi berat lainnya, netbook bukan pilihannya.

Produk ini diberi nama netbook. Seperti apa ciri-cirinya?

Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia menjelaskan, perbedaan antara netbook dan notebook yang paling mendasar adalah dari sisi fungsionalitas. Netbook ditujukan bagi pengguna yang bersifat content consumption sementara notebook lebih kepada pengguna yang content maker.

"Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar," tuturnya, dalam temu media di Cafe Neo Vanity Jakarta, Kamis petang (17/7/2008).

Dari ukuran pun kita bisa langsung membedakan kedua perangkat ini. Netbook memiliki ukuran layar terbatas antara 7-10 inci, sedangkan notebook minimal memiliki layar 10 inci dan maksimal 17 inci. "Netbook tidak bakal dibuat dengan layar melebihi 10 inci, kalau sudah melebihi itu bukan netbook lagi," tukas Budi.

Ketersediaan input dan output devices di netbook juga lebih terbatas. Dengan ukuran yang lebih mungil dan praktis, perangkat ini tidak memiliki optical disk drive dan hanya mengandalkan slot USB.

Alasannya, kata Budi, karena netbook sengaja dibuat seringkas mungkin untuk memudahkan dibawa penggunanya. Hal itu sejalan dengan kegunaannya yang lebih condong untuk content consumption.

Pastinya dari sisi harga keduanya tentu juga berbeda. Rata-rata netbook dibanderol di kisaran US$ 250 - US$ 450, sedangkan notebook minimal US$ 500.

Di Indonesia sendiri, sejumlah produsen PC telah masuk ke bisnis netbook. Acer adalah produsen PC teranyar yang merilis netbook Aspire One. Sebelumnya ada Zyrex, Asus, MSI dan Hewlett-Packard -- dengan mini notebooknya -- yang telah lebih dulu menjejakkan kaki di lahan bisnis ini.

Jadi, apa pilihan Anda?
Target pengguna Netbook adalah orang yang suka duduk berjam-jam di food court atau cafe bahkan restoran yang menyediakan hotspot gratis. Fasilitas wi-fi dipastikan terdapat pada semua jenis Netbook. Dapat dipastikan pengguna Netbook yang berjam-jam di cafe atau restoran atau tempat lainnya yang terdapat wifi spot adalah chatting, menulis atau hanya sekedar browsing internet saja, karena aplikasi berat sudah dipastikan sangat memakan sumber daya dan tenanga dari Netbook tersebut. Aplikasi-aplikasi ringan yang lazim terdapat pada Netbook adalah Chat Messenger seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger, Gtalk, Skype, browser Mozilla, tak lupa webcam juga tertanam pada jenis-jenis tertentu untuk digunakan live cam menggunakan aplikasi Messenger yang support view cam.

Jadi apabila anda membutuhkan untuk menjalankan aplikasi semacam Adobe Photoshop, CorelDRAW, AutoCAD, aplikasi video editing atau aplikasi berat lainnya, Netbook bukanlah pilihan yang tepat.

Tidak ada komentar: