Memasarkan produk di tengah persaingan pasar yang kian tinggi, tentu
bukan perkara mudah bagi sebagian besar pelaku usaha. Dibutuhkan strategi pemasaran
yang tepat, agar produk yang ditawarkannya tidak tenggelam di tengah
persaingan pasar yang setiap harinya menunjukan peningkatan cukup tajam.
Mencoba menawarkan diferensiasi produk kepada para konsumennya,
menjadi salah satu strategi jitu yang sering dilakukan pelaku usaha
untuk memenangkan persaingan pasar. Apa itu diferensiasi produk? Yang
dimaksud diferensiasi produk adalah semua
kegiatan yang dilakukan seorang pengusaha atau pelaku pasar untuk
menciptakan sebuah perbedaan yang bertujuan memberikan nilai lebih
kepada para konsumen.
Diferensiasi bisa dilakukan dengan menciptakan produk yang berbeda,
memberikan pelayanan yang berbeda, atau menciptakan image produk yang
unik dan berbeda dari pesaing lainnya. Dengan begitu sebuah produk akan
lebih mudah dikenali dan memberikan daya tarik tersendiri bagi para
konsumen. Sehingga mereka lebih memilih produk Anda, dibandingkan produk
lainnya yang ada di pasaran.
Nah, setelah membahas apa itu diferensiasi produk, selanjutnya mari
kita bahas bersama mengenai beberapa keuntungan yang akan diperoleh para
pengusaha maupun pelaku pasar dari strategi diferensiasi produk.
1. Produk Lebih Mudah Diingat Para Konsumen
Pada dasarnya segala sesuatu yang unik dan berbeda, tentu akan
memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka
lebih mudah mengenali dan mengingat produk tersebut, dibandingkan produk
lainnya yang sudah umum di pasaran.
2. Produk Lebih Unggul Dibandingkan Dengan Produk Lainnya
Jika produk lainnya sudah dianggap standar oleh para konsumen, dengan
menciptakan diferensiasi maka produk Anda akan terlihat lebih unggul
dibandingkan produk lainnya yang sudah banyak beredar dipasaran. Hal ini
tentu sangat menguntungkan bagi para pemasar, karena dengan produk yang
unggul akan memudahkannya dalam membangun loyalitas konsumen.
3. Harga Jual Produk Lebih Tinggi
Sebuah produk yang memiliki keunikan khusus, biasanya akan diburu
konsumen dengan harga berapapun. Jadi tidak heran bila harga jual produk
limited edition bisa lebih tinggi dibandingkan dengan harga
produk lainnya yang sudah banyak beredar dipasaran. Karena kebanyakan
konsumen berani membayar mahal, untuk dapat menikmati produk inovatif
yang ditawarkan pelaku pasar.
4. Mengatasi Masalah Kejenuhan Pasar
Mengingat penjualan sebuah produk sering mengalami pasang surut
sesuai dengan daur hidupnya yang terus berputar, maka adanya
diferensiasi produk dapat membantu para pengusaha maupun pelaku pasar
ketika konsumen sudah mulai jenuh dengan produk yang biasa
ditawarkannya.
5. Membantu Terciptanya Image Produk
Semakin unik produk yang Anda tawarkan, maka akan semakin memudahkan
konsumen dalam mengenali produk tersebut. Dan semakin banyak konsumen
yang mengenali produk Anda, maka semakin besar pula peluang Anda untuk
menanamkan image produk yang Anda tawarkan di hati para konsumen.
Sehingga Anda dapat menentukan positioning yang tepat, sesuai dengan target pasar yang Anda bidik.
Demikian pembahasan kita kali ini mengenai diferensiasi produk, strategi jitu memenangkan persaingan pasar. Agar
strategi pemasaran perusahaan Anda tetap berada dijalur yang benar,
pastikan juga bahwa strategi marketing Anda sejalan dengan Trend Marketing 2011.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar