Banyak alasan mengapa teman-teman kita di kantor meminta tolong untuk membantu pekerjaannya: bisa jadi ia memang terlalu sibuk, tak sempat mengerjakannya, ia diminta tolong atasannya untuk mengerjakan pekerjaan lain, atau memang ia pemalas.
Apapun alasannya, memanglah susah menjadi orang yang selalu diminta tolong untuk membantu terus menerus. Walaupun kita selalu berada di kantor sampai malam, bukan berarti kita ingin terus bekerja dan membantu tanggung jawab yang seharusnya mereka lakukan sendiri.
Lalu apa yang seharusnya kita lakukan untuk menyikapi orang-orang seperti mereka? Berikut adalah tiga langkah untuk menyikapinya.
1. Lihatlah Permintaannya
Pertama-tama, pikirkan apakah permintaannya memiliki keuntungan bagi Anda. Entah dari sisi pengembangan skill, pengembangan karir, pengembangan finansial , penambahan relasi dan keuntungan-keuntungan lainnya. Jika memang iya, maka tidaklah mengapa untuk membantu mereka.
2. Hadapilah Permintaannya
Jika setelah memikirkannya Anda ternyata tidak sreg dan tidak ingin membantunya, Anda berhak untuk mengatakan tidak. Tentu saja jangan mengatakan ini dengan angkuh yang nantinya bisa memicu pertengkaran di kantor. Katakanlah jika Anda selalu senang untuk membantu mereka melakukan tugasnya, namun masing-masing dari kita mempunyai prioritas. Dan Anda memiliki prioritas sendiri yang harus Anda selesaikan! Jelaskanlah pekerjaan yang sedang Anda lakukan supaya mereka mengerti bahwa Anda juga memiliki pekerjaan yang sama beratnya dengan mereka.
3. Berilah Batasan
Ada kalanya seseorang memaksa Anda untuk melakukan pekerjaan yang tidak ingin Anda lakukan atau bukan tanggung jawab Anda (biasanya Bos Anda yang bisa meminta seperti ini). Biasanya, jika sekali Anda terlihat bisa diminta tolong (dan Anda dengan senang hati melakukannya), mereka Anda meminta tolong secara terus menerus kepada Anda. Berilah batasan dengan menunjukkan ketidaksukaan Anda kepada sikap mereka, agar mereka tahu bahwa sikap mereka itu keterlaluan. Memang bagus membantu orang-orang menyelesaikan tanggung jawabnya, namun Anda juga harus ingat bahwa waktu Anda lebih baik diluangkan untuk mengerjakan sesuatu yang menguntungkan karir Anda.
Ingatlah untuk membantu selama Anda bisa, jujurlah ketika Anda tidak bisa, dan jangan biarkan orang lain memanfaatkan Anda karena kelebihan Anda.
sumber : http://www.the-marketers.com/archives/jika-bukan-pekerjaan-anda-anda-berhak-bilang-tidak.html#.Upb9397W9st
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar