Cari Blog Ini

Posting blogger lewat email

username.secretword@blogger.com

Rabu, 17 Desember 2008

Virus yang membuat File ‘hilang’ (baca: di-hidden)

Virus yang membuat File ‘hilang’ (baca: di-hidden)

7 March, 2008 by celemotan

Well, cerita minggu lalu rupanya belum selesai..
silakan check arsip untuk cerita laptop istri saya yang terserang worm/virus,
singkat cerita setelah recover proses di HP danamon, laptop berjalan normal
dan sambil menunggu waktu pulang ke bandung, beberapa hari di jakarta
laptop saya install beberapa program seperti office dan beberapa program standard lain.

sempat juga saya explore untuk membuat backup file dari norton ghost 2003 (punya kantor dan lama ga dipakai), cuma bingungnya saat akan membuat emergency recovery CD yang ada cuma utk FDD bukan CD/DVD rom - untung setelah berguru dengan bos Jimmy Auw, dapatlah kisi2 gimana caranya membuat bootable CD yang berisi file Ghost untuk melakukan recovery saat system windows tidak dapat dimasuki.

Pas pulang kemarin,nyonya cerita rupanya di tempat kerjanya sedikitnya 6 laptop mengalami masalah yang sama, guess what - semua menggunakan AVG antivirus (demi pengiritan) yang selalu terupdate.

Nah, today, saat akan mengakses file data, mulainya masalahnya muncul, nyonya mencoba mengakses file-file arsipnya dan menemukan banyak folder kosong,padahal sebelumnya yakin di dalam folder tersebut ada file terakhir yang pernah dikerjakan.
ya karena memang tidak ditemukan dimana-mana akhirnya folder di delete ke recycle bin.

lalu mulailah nyonya panic mode, karena file yang sabtu lalu terakhir dikerjakan hilang tak berbekas, padahal yakin file disimpan di salah satu directory yang ada, padahal minggu ini harus di-review dan next monday akan digunakan.

mulailah mencari jejak2 file ada dimana saja, karena sempat disimpan di beberapa komputer dan laptop (during crash sabtu lalu, terpaksa minjam komputer adik dan laptop mertua untuk ngetikin tugas di file tersebut), panik, karena semua sudah di delete! Untunglah, selasa lalu saya sempat menemukan halaman blog (http://ebsoft.web.id/?p=113) yang menayangkan 3 file recover file yang sudah dihapus bersize kurang dari 1 Mb dan GRATIS..
within 2 minutes, akhirnya ketemu file yang dimaksud dan YES bisa direcover. fiuh..

nah, lucu kedua muncul nih, saat file yang berhasil diselamatkan akan di copy ke Folder laptop yang sudah di recover,muncul peringatan bahwa apakah akan melakukan penimpaan file (overwrite) pada file yang ada? loh? dilihat di window explorer file dimaksud gak ada kok..

waduh, dari sini logika mulai jalan, jangan-jangan virus kemarin sempat meng-hide (change attribute to hidden) beberapa file office. ya udah, cobain ilmu dasar D*O*S dengan step:

1. Klik Menu Start > Run > Ketikan ‘CMD‘ (tanpa tanda petik)
2. lalu menuju folder lokasi dengan command ‘CD‘ (tanpa tanda petik) dan nama dari folder
3. saat di check dengan command ‘dir /a‘, rupanya nampaklah file yang dimaksud dan rupanya berstatus hidden
4. akhirnya coba dengan command ‘attrib -r -h [file.doc]‘ (tanpa tanda petik)
5. Totet!!! gak mau, muncul error: Not resetting system file ..
6. what the *@#$%^, ya udah coba googling dengan message diatas, ketemu dah http://support.microsoft.com/kb/81361, rupanya saya kurang 1 attribute -S
7. So, coba lagi dengan ‘attrib -s -r -h [file.doc]‘ dannnn berhasil…
8. dicoba diakses akhirnya bisa, nah nyonya mulai bilang, bahwa ada beberapa folder yang sudah beliau delete sebelumnya karena kosong, jangan-jangan juga sebenarnya berstatus hidden.
9. ya udah coba recover dengan file diatas, dan ternyata memang banyak file yang ter-set HIDDEN dan READ only.
10. So se-sorean melakukan recover dan dan set Attrib diatas.

Nyonya cerita, bahwa banyak rekan2nya mengalami hal diatas dan bahkan ada rekannya yang sampai nangis, karena file kerjaan yang udah dikerjakan setengah mati hilang tak berbekas di USB drivenya..
sayang, coba hal ini ketahuan lebih dulu, mungkin bisa dicobain deh langkah diatas.

damn, kasihan yang jadi korban virus tolol dan nyusahin orang yang gak ngerti apa2.

Tidak ada komentar: