Cari Blog Ini

Posting blogger lewat email

username.secretword@blogger.com

Jumat, 09 Januari 2009

Menjinakkan Anjing

Cara Menjinakkan Anjing
Puasa
Anjing galak perlu terapi khusus. Caranya, masukkan ia ke kandang. Bila tak ada, boleh diikat pada tiang di sudut rumah asal terlindung dari panas dan hujan. Pilihlah lokasi yang sepi dan tidak dilalui orang. Biarkan ia di sana selama beberapa hari.

Selama di kandang anjing jangan diberi pakan dan minum. Biarkan perutnya kosong untuk sementara waktu. Memang tubuh menjadi lemas lantaran kekurangan energi. Namun, tingkat emosi mengendur dan mudah terangsang bila diiming-imingi pakan. Pada saat itulah terapi bisa dimulai.

Selama latihan kondisi anjing diawasi. Jangan sampai ia jatuh sakit lantaran terapi. Karena itu sesuaikan waktu puasa dengan ukuran anjing. Untuk trah kecil cukup sehari; besar, 2 hari.

Pakai tangan
Keesokan hari datangi anjing sambil memanggil namanya. Andai ia mengonggong dan berusaha menubruk pertanda kadar emosi masih tinggi. Latihan ditunda sampai menunggu waktu yang tepat. Anjing tetap diawasi setiap 1 atau 2 jam untuk melihat perkembangannya.

Jika sudah tidak garang, ambil baskom kecil wadah yang biasa dipakai untuk minum anjing. Tuangkan setengah gelas air putih, lalu masukkan baskom ke kandang. Jumlah air minum sebaiknya sedikit tapi rutin diberikan. Dengan cara itu frekuensi bertemu menjadi lebih tinggi. Agar anjing mau mendekati baskom, pemilik bisa pura-pura sembunyi di balik pintu atau tembok. Namun, mata tetap mengawasi setiap gerak-gerik anjing.

Sejam kemudian berikan air minum. Latihan itu diulang hingga anjing mau minum meskipun ada pemilik. Agar terjadi komunikasi yang baik berikan kata-kata pujian. Baskom boleh dipegang tangan kanan. Ketika anjing minum, usap kepala atau lehernya dengan tangan kiri.

Sesudah minum anjing diberi pakan. Prosesnya sama dengan cara pemberian minum. Namun, usahakan anjing mau melahap pakan di telapak tangan. Dengan begitu anjing bisa mengenal sang pemilik. Apalagi selama latihan pemilik mengajak bercakap – cakap lebih akrab.

Tali penuntun
Anjing yang mulai jinak diajak keluar kandang. Caranya, dekati anjing secara perlahan-lahan. Usahakan tidak panik dan bersikap sesantai mungkin. Jangan membuat gerakan spontan yang memancing reaksinya. Lebih baik mengajaknya bercakap-cakap dengan nada lembut sehingga tampak seolah-olah bersahabat.

Usaplah kepala atau leher dengan tangan kiri agar anjing merasa tenang. Pasang tali penuntun secara perlahan-lahan. Hilangkan kesan tali itu akan menyakitinya. Jika tali sudah melekat di tubuhnya, usahakan tidak diganti. Anjing akan mudah mengenali bau tali itu karena sesuai dengan aroma tubuhnya.

Biarkan anjing keluar sendiri dari kandag. Jangan membuat gerakan mengejutkan seperti menarik paksa anjing. Jika itu dilakukan jangan harap anjing menjadi ramah

Menjinakkan Nuri Ambon
taruh sembarangan dekat sumur lagi. Berhubung sering ada yg nyuci disana lama lama biasa juga dia dgn manusia. Kalau lapar mendekat dah tu burung. Ini modal memang binatang itu kelemahannya di perut.
Cobain deh pelan pelan lempar makanan makin lama makin dekat dengan kita. Ini proses bro ngak bisa selesai dalam sehari, akhir kata coba deh taruh makanan di tangan kita. Kalau udah berani dia mendekat dan makan di tangan kita itu udah tanda mulai jinak, tapi jangan keburu nafsu.
Setelah mulai aktrab lepasin itu burung nuri, tapi kasih rantai yg agak berat biar dia bisa jalan tapi ngak bisa terbang. Nah kalau udah sampai tahap begini makin sering dah kasih makan dari tangan kita lama lama naik tuh burung ke badan, boleh dibilang udah jinak & ngak bakal terbang.

Tidak ada komentar: